ABSTRAK
Aris Priyanto: Upaya
Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Pendekatan
Permainan Pada Siswa SMAN 1 Yogyakarta.. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta,
2010.
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh gaya menggantung
melalui pendekatan permainan pada siswa SMAN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek
penelitian adalah siswa kelas X1 IPS SMAN 1 Yogyakarta berjumlah 25 siswa. Penelitian berlangsung
dari bulan Nopember sampai Desember 2010 di SMAN 1 Yogyakarta, yang digunakan
adalah observasi kelas, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar
lompat jauh gaya menggantung.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pendekatan permainan dapat meningkatkan hasil pembelajaran
lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas X1 IPS SMAN 1 Yogyakarta.
Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 73,4 meningkat
dibandingkan sebelum diberikan tindakan. Pada siklus kedua rata-rata nilai
siswa 78,8. Pada siklus kedua 100 % siswa dapat mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) yaitu 75 untuk nilai lompat jauh gaya menggantung
Penjasorkes di SMAN 1 Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar