Minggu, 06 Oktober 2013

Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Pendekatan Permainan Pada Siswa SMAN 1 Yogyakarta


ABSTRAK
Aris Priyanto: Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Pendekatan Permainan Pada Siswa SMAN 1 Yogyakarta.. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh gaya menggantung melalui pendekatan permainan pada siswa SMAN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X1 IPS SMAN 1 Yogyakarta  berjumlah 25 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan Nopember sampai Desember 2010 di SMAN 1 Yogyakarta, yang digunakan adalah observasi kelas, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar lompat jauh gaya menggantung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan permainan dapat meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas X1 IPS SMAN 1 Yogyakarta. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 73,4 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa 78,8. Pada siklus kedua 100 % siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 untuk nilai lompat jauh gaya menggantung Penjasorkes di SMAN 1 Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar