PENINGKATAN
PEMBELAJARAN SERVIS ATAS
BOLA
VOLI MELALUI PENDEKATAN “ARIES” PADA
SISWA KELAS X-8 SMAN 1 YOGYAKARTA
Aris Priyanto *
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran servis
atas bolavoli melalui pendekatan Aktif
learning, Realistic, Inovatif, Efektif dan Smile-Menyenangkan (ARIES) pada siswa kelas X-8 SMAN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-8 SMAN
1 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar
servis atas bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Dari hasil penelitian diketahui setiap siklus, menunjukkan bahwa hasil observasi, angket dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran servis atas bolavoli selalu ada peningkatan yang baik.
Besarnya persentase yaitu peningkatan awal pertemuan sebelum diberi tindakan ke
siklus 1 terjadi peningkatan 26,49 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II
sebesar 14,04 %, dan peningkatan dari awal sampai ke siklus II sebesar 44,4 %.
Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata (mean) yaitu sebelum diberi “ARIES”
diperoleh rata-rata 53,17, pada siklus I diperoleh 67,29 dan pada siklus II
diperoleh 76,71.
Kata Kunci : Servis Atas Bolavoli, Pendekatan “ARIES”
*Aris Priyanto Guru SMAN 1 Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar