Selasa, 08 Oktober 2013

Abstak PTK bolavoli



PENINGKATAN PEMBELAJARAN SERVIS ATAS
BOLA VOLI  MELALUI PENDEKATAN “ARIES” PADA SISWA KELAS X-8 SMAN 1 YOGYAKARTA


 Aris Priyanto *


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran servis atas bolavoli melalui pendekatan Aktif learning, Realistic, Inovatif, Efektif dan Smile-Menyenangkan (ARIES) pada siswa kelas X-8 SMAN 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-8 SMAN 1 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar servis atas bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif.
Dari hasil penelitian diketahui setiap siklus, menunjukkan bahwa hasil observasi, angket dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran servis atas bolavoli selalu ada peningkatan yang baik. Besarnya persentase yaitu peningkatan awal pertemuan sebelum diberi tindakan ke siklus 1 terjadi peningkatan 26,49 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,04 %, dan peningkatan dari awal sampai ke siklus II sebesar 44,4 %. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata (mean) yaitu sebelum diberi “ARIES” diperoleh rata-rata 53,17, pada siklus I diperoleh 67,29 dan pada siklus II diperoleh 76,71.

Kata Kunci : Servis Atas Bolavoli, Pendekatan “ARIES”



*Aris Priyanto Guru SMAN 1 Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar